Saya Belajar

Malam ini saya teringat sebuah video yang dulu diberikan sahabat saya ketika kami sama-sama sedang kuliah beberapa tahun dulu.

Tulisan ini sebuah tulisan yang saya sadur kembali dari flash video tersebut dan disadir dari Majalah People Asia, dan semoga anda yang membacanya dapat kembali Belajar,🙂

 

Saya belajar,

Bahwa saya tidak dapat memaksa orang lain mencintai saya,

Saya hanya dapat melakukan sesuatu untuk orang yang saya cintai

 

Saya belajar,

Bahwa butuh waktu bertahun-tahun untuk membangun kepercayaan

Dan hanya butuh beberapa detik saja untuk menghancurkannya

 

Saya belajar,

Bahwa sahabat terbaik bersama saya dapat melakukan banyak hal

Dan kami selalu memiliki waktu terbaik

 

Saya belajar,

Bahwa orang yang saya kira adalah orang yang jahat

Justru adalah orang yang membangkitkan semangat dalam hidup saya kembali

Serta orang yang begitu perhatian

 

Saya belajar,

Bahwa persahabatan sejati senantiasa tumbuh walau dipisahkan oleh jarak yang jauh

Beberapa diantaranya melahirkan cinta sejati

 

Saya belajar,

Bahwa jika hanya seseorang tidak menunjukkan perhatian seperti yang saya inginkan

Bukan berarti bahwa dia tidak mencintai saya

 

Saya belajar,

Bahwa sebaik-baiknya pasangan itu, mereka pasti akan melukai perasaan saya…

Dan untuk itu saya harus memaafkannya

 

Saya belajar,

Bahwa saya harus memaafkan diri sendiri dan orang lain…

Kalau tidak mau dikuasai perasaan bersalah terus menerus

 

Saya belajar,

Bahwa lingkungan dapat mempengaruhi pribadi saya

Tapi saya harus bertanggung jawab untuk apa yang saya telah lakukan

 

Saya belajar,

Bahwa dua manusia dapat melihat sebuah benda

Tapi kadang dari sudut pandang yang berbeda

 

Saya belajar,

Bahwa tidaklah penting apa yang saya miliki

Tapi yang penting adalah siapa saya ini sebenarnya

 

Saya belajar,

Bahwa tidak ada yang instant atau serba cepat di dunia ini

Semua butuh proses dan pertumbuhan, kecuali saya ingin sakit hati

 

Saya belajar,

Bahwa saya harus memilih, apakah menguasai sikap dan emosi

Atau sikap dan emosi itu yang menguasai saya

 

Saya belajar,

Bahwa saya punya hak untuk marah,

Tetapi bukan berarti saya harus benci dan berlaku kasar

 

Saya belajar,

Bahwa kata-kata yang manis tanpa tindakan,

Adalah saat perpisahan dengan orang yang saya cintai

 

Saya belajar,

Bahwa orang-orang yang saya kasihi

Justru sering diambil segera dari kehidupan saya

 

Selamat belajar, semoga anda sadar

 

Terjemahan dari Majalah People Asia

Posted on Agustus 21, 2012, in Renungan. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

