Gangguan Kepribadian (Personality Disorder) Part 1

Pada tulisan kali ini saya akan mengupas sedikit yang namanya gangguan kepribadian. Didalamnya akan dibahas jenis-jenis gangguan kepribadian yang umum diderita oleh orang-orang dewasa ini dan juga akan dibahas mengenai kesamaan-kesamaan orang yang mengidap gangguan kepribadian.

Tapi, hal yang ironisnya adalah pada sekarang ini orang yang mengidap gangguan kepribadian justru sebagian bangga dengan penyakitnya,,, ini benar-benar memperlihatkan orang tersebut memang terganggu he..

dan dibagian selanjutnya saya akan bahas bagaimana cara menanggulanginya dilihat dari persfektif ilmiah.

Personality Disorder atau gangguan kepribadian dapat diartikan sebagai pola pengalaman dan perilaku tidak wajar sehubungan dengan pikiran, perasaan, hubungan pribadi, dan pengendalian dorongan keinginan.

Karakter-karater seseorang diperlihatkan oleh kepribadiannya, yakni oleh pola pikir, perasaan, dan perilaku kebiasaan yang dimilikinya. Bila orang itu tidak dapat menyesuaikan diri dengan orang lain dan cenderung antisosial, maka ia dapat didiagosis mengidap gangguan kepribadian.

Dewasa ini terdapat 10 macam gejala gangguan kepribadian yang diidentifikasikan dalam DSM-IV (Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders), yang terdiri dari:
1. Gangguan antisosial (Antisocial Personality Disorder). Yakni kurangnya penghargaan atas nilai-nilai moral yang dianut oleh masyarakat. Ini ditandai dengan ketidaksanggupan untuk hidup berdampingan dengan orang lain atau mematuhi aturan-aturan masyarakat. Terkadang disebut sebagai psikopat atau sosiopat.

2. Gangguan kepribadian antisosial atau sikap menghindar (Avoidant Personality Disorder. Ditandai dengan penghindaran secara sosial, rasa tidak setara dengan orang lain, serta luar biasa sensitif terhadap kritik.

3. Konsisi psikologis yang tidak stabil (Borderline Personality Disorder = BPD). Yakni kurangnya kesadaran atas identitas pribadi, perubahan gejolak perasaan yang begitu cepat, hubungan antarpribadi yang sangat tidak stabil, dan ditandai oleh sikap yang meledak-ledak, serta tidak stabil dalam pandangan terhadap diri sendiri.

4. Gangguan pola ketergantungan terhadap orang lain(Dependent Personality Desorder = DPD). Yakni rasa tergantung yang berlebihan terhadap orang lain. Penderita merasa tidak sanggup membuat keputusan apapun tanpa bantuan orang lain. Rasa takut bila berpisah dengan orang lain serta memiliki sikap patuh yang berlebihan. Oleh karena itu, gangguan jenis ini ditandai ketidaksangupan membuat keputusan sendiri serta kurangnya rasa percaya diri.

5. Sikap gemar berpura-pura (Histrionic Personality Disorder = HDP). Orang dengan gangguan seperti ini kerap memperlihatkan reaksi berlebihan terhadap berbagai situasi emosional dan selalu bersikap pura-pura (seolah-olah sedang bermain sandiwara atau drama) dalam perilaku sehari-hari. Ekspresi emosionalnya selalu berubah-ubah dengan cepatnya.

6. Gangguan kepribadian yang mendewasakan diri sendiri (Narcistic Personality Disorder = NDP). Orang dengan gangguan ini selalu mengkhayalkan kebesaran atau keagungan diri sendiri, kurang berempati terhadap orang lain, sangat mendambakan untuk dihormati orang lain, dan tidak sanggup melihat sudut pandang orang lain, serta terlalu sensitif pada pendapat orang lain.

7. Gangguan kepribadian obsesif-kompulsif (Obsesive-Compulsive Personality Disorder). Dicirikan dengan sikap mendambakan kesempurnaan yang berlebihan (perfeksionis) dan terlalu kaku. Dikuasai oleh pola-pola pikiran dan tingkah laku yang tidak terkendali.

8. Gangguan kepribadian berupa rasa takut berlebihan pada sesuatu atau orang lain (paranoid) (Paranoid Personality Disorder = PPD). Ditandai oleh rasa tidak percaya diri yang berlebihan terhadap orang lain, termasuk ketakutan yang tidak beralasan bahwa orang lain menindas, membahayakan, atau mencoba menyerang dirinya. Merasa bahwa orang lain senantiasa menipu mereka. Percaya pada makna-makna tersembunyi, dan tidak sanggup memaafkan karena senantiasa mendendam.

9. Gangguan kepribadian skizoid (Schizoid Personality Disorder). Pada umumnya ditandai oleh variasi emosi yang terbatas, baik dalam mengekspresikan atau mengalami sesuatu, dan dingin terhadap relasi sosial.

10. Gangguan kepribadian skizotipal (schizotypal Personality Disorder). Yakni, penyimpangan pola pikir, keyakinan ganjil, penampilan, perilaku, pola hubungan dengan orang lain, serta pemikiran yang tidak wajar (seperti meyakini bahwa ia mengalami fenomena-fenomena gaib dan memiliki kekuatan gaib)

Menurut Dr.Sam Vaknin, pengarang buku Malignant Self-Love; Narcissim Revisited, penderita gangguan kepribadian memiliki kesamaan berikut:
1. Sikap egois yang berwujud dalam sikap mementingkan diri sendiri, dan kurangnya tanggung jawab pribadi yang menimbulkan sikap menyalahkan orang lain, masyarakat serta lingkungan sekitarnya atas masalah yang menimpa mereka.

2. Kurangnya kemampuan untuk mengambil sikap atau empati terhadap orang lain.

3. Perilaku yang memanfaatkan atau menindas orang lain.

4. Merasa sedih, menderita tekanan kejiwaan dan gangguan gejolak perasaan serta ketakutan berlebih lainnya.

5. Mudah tersinggung terhadap kelemahan mental orang lain, seperti kecenderungannya untuk bersikap obsesif-kompulsif serta kena serangan panik.

6. Pemahaman disortif serta dangkal terhadap diri sendiri dan orang lain. Tidak sanggup untuk menyadari perilaku mereka yang tidak dapat diterima orang lain serta merusak diri sendiri atau hal-hal yang berhubungan dengan gangguan kepribadian yang mereka alami.

7. Tidak dapat menyesuaikan diri dengan masyarakat , mengubah aturan main sekehendak hati, memperkenalkan variabel-variabel baru, atau mempengaruhi orang lain untuk menyesuaikan dengan kepentingan mereka.

8. Tidak mengalami gangguan halusinasi, delusi atau dalam hal berpikir (kecuali pengalaman psikotik singkat dalam kondisi psikologis yang tidak stabil BPD)

jadi sahabat, jika ada satu saja point di bawah ini yang anda rasa tengah anda alami hmmm,,,, jangan-jangan memang benar anda sedang mengalaminya hehe

Posted on Mei 18, 2011, in Psikologi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: