MARI KITA BUAT PROPOSAL HIDUP KITA

Pernahkah anda ada dalam kondisi kebingungan tentang kemana anda akan melangkah,,, Jika anda merasa bahwa hidup dan diri anda biasa-biasa saja… Ataupun anda sendiri bingung tentang apa yang anda inginkan dalam hidup,.. Maka lebih baik anda sekarang mengambil secangkir teh atau kopi, duduk dengan santai dan luangkan waktu sejenak untuk membaca tulisan ini, karena who know mungkin jawaban dari pertanyaan-pertanyaan hidup anda itu ada di dalam tulisan ini.

Dalam tulisan ini saya akan memaparkan apa yang saya baca, dapatkan, pelajari, dan praktikan melalui literatur serta pengalaman diri sendiri, grup, teman dan lingkungan, dimana literatur utamanya adalah dari sebuah workbook karya Jamil Azzaini yang judulnya “Tuhan, inilah Proposal Hidupku”. Untuk memahaminya mungkin sekilas pengantar dari buku tersebut dapat menjadi pembuka yang baik,,, ok lets start our session

Apabila anda ditunjuk menjadi ketua panitia Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) apakah anda membuat proposal kegiatan? Jawabannya pasti, “Ya saya membuat proposal itu.” Acara HUT RI itu berlangsung berapa lama? Paling lama satu bulan. Pertanyaan lanjutannya, mengapa untuk acara yang satu bulan anda membuat proposal tetapi untuk hidup anda yang puluhan tahun anda tidak membuat proposal hidup?

Pertanyaan ini di dukung oleh riset yang dilakukan terhadap para lulusan MBA dari Harvard Business School. Riset ini dilakukan antara tahun 1979 dan 1989. Pada tahun 1979, para lulusan MBA tersebut ditanya “Apakah anda telah menyusun suatu rencana hidup yang jelas, spesifik dan tertulis?” hasilnya, 3% menyatakan telah memiliki rencana hidup yang jelas, spesifik dan tertulis. 13% menyatakan telah memiliki rencana hidup yang jelas, spesifik namun tidak tertulis. Sisanya, 84% menyatakan belum memiliki apalagi menyusun rencana hidup.

Sepuluh tahun kemudian, pada tahun 1989, periset yang dipimpin oleh Mark McComack melakukan wawancara dengan semua responden pada tahun 1979. Hasilnya, 13% yang menyatakan memiliki rencana hidup yang jelas, spesifik tetapi tidak tertulis, memiliki penghasilan rata-rata dua kali lipat dibandingkan dengan mereka yang 84% (Belum memiliki dan menyusun rencana hidupnya). Yang luar biasa, 3% para lulusan yang telah memiliki rencana hidup yang jelas, spesifik dan tertulis memiliki penghasilan yang besarnya rata-rata 10 kali lipar dibandingkan 97% lulusan sekolah bisnis tersebut. WOW!!!!

Ok, sampai saat ini berarti anda paham bahwa salah satu pembeda dari orang-orang yang berhasil dan berkelimpahan (makmur) adalah karena mereka dari awal sudah mengetahui dengan jelas akan kemana mereka melangkah, mengetahui dengan spesifik tujuan hidup mereka, dan menuliskannya dengan rinci setiap rencana-rencana hidupnya sehingga mereka mempunyai blue print yang jelas mengenai hidupnya.

Seorang filsuf Jim Rohn mengatakan “Anda tidak bisa menyewa orang lain agar berolahraga untuk anda, tapi anda harus melakukannya sendiri jika ingin merasakan manfaat dari olahraga tersebut.” “Andapun tidak akan mampu meraih keberhasilan hidup apabila menyerahkan hidup anda pada orang lain. Anda lah yang harus menjalani hidup anda sendiri.”

Dalam salah satu suratNya Allah berfirman:
“Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum hingga mereka sendiri yang merubahnya”
(Q.S Ar-Rad’u: 11)

Nah dalam sesi ini berarti anda mengerti bahwa yang namanya perencanaan hidup yang spesifik dan tertulis sangatlah penting, karena ketika anda mengetahui (menginstal) arah dan tujuan hidup anda dengan jelas, spesifik dan tertulis maka alam bawah sadar (pikiran bawah sadar), sikap, perilaku dan perkataan anda pun dengan tidak sadar sedikit demi sedikit dengan sendirinya akan berkorelasi dan bergerak selaras dengan tujuan itu, sekali lagi tanpa anda sadari. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara kita memulai membuat Proposal Hidup kita?? Ok, kita akan mulai kupas satu persatu

LANGKAH 1
SADARILAH BAHWA ANDA MASTERPIECE

Bab ini adalah mengenai konsep diri anda terhadap diri anda sendiri, cara pencitraan anda terhadap anda. Mari saya lontarkan satu pertanyaan “Coba anda pejamkan mata, kemudian gambarkan diri anda itu seperti apa?” apakah anda menilai diri anda denga positif atau negatif??? Dan jawaban tersebut akan berpengaruh pada kehidupan serta kesuksesan hidup anda.

Jika ada barang (handphone, mobil, jam tangan, busana) yang diciptakan dalam edisi / jumlah yang sangat terbatas (limited edition) maka harga barang tersebut akan sangat mahal, kenapa sangat mahal dan berharga?? itu karena barang tersebut spesial, original, dan tentu karena langka!!

Jika barang saja bisa sangat tak ternilai karena hal-hal tersebut di atas, apalagi anda! Anda yang hanya diciptakan satu di dunia ini, anda yang sangat langka dan tidak ada yang menyerupai anda! Pastilah anda sangat-sangat berharga. ANDA TAK TERNILAI HARGANYA!
Untuk mengetahui bahwa anda sangat spesial, berharga anda harus menuliskan pengalaman-pengalaman hidup anda.

Training #1 TULISKAN PENGALAMAN-PENGALAMAN HIDUP ANDA (Khususnya yang dapat memompa kembali semangat hidup anda)

LANGKAH 2
TETAPKAN PRESTASI TERBAIK YANG ANDA INGIN RAIH

Jean Henri Fabre, Ilmuwan Perancis pada tahun 1870-an pernah mengadakan percobaan terhadap sekelompok ulat. Fabre mengambil beberapa ulat dan membuat ulat yang paling depan menyentuh ulat yang paling belakang. Ulat itu membuat suatu lingkaran mengelilingi sebuah pot bunga. Di tengah pot itu diletakkan ranting dan pucuk daun muda sebagai makanan ulat-ulat itu. Setelah beberapa saat ulat-ulat itu berjalan beriringan mengitari pot yang berisi makanan ulat. Ulat-ulat itu terus berputar-putar, jam demi jam. Siang dan malam dan hari demi hari hinnga mereka mati karena kelaparan dan kehausan. Padahal dalam jarak yang sangat mudah di jangkau tersedia makanan untuk mereka.

Banyak diantara kita yang hidup seperti ulat-ulat itu. Kita hidup mengikuti kebiasaan yang sudah berlaku, terus bekerja dengan keras namun kehilangan kesempatan mengetahui bahwa di dekat kita banyak peluang yang bisa memberi kebahagiaan bagi kita. Untuk menghindari hal itu anda harus menentukan arah hidup anda, tidak asal ikut-ikutan tradisi yang sudah ada.

Training #2 TULISKAN PRESTASI YANG ANDA INGIN RAIH
Ketika menuliskan prestasi, anda harus memenuhi kaedah spesifik, terukur, dan jangka waktunya jelas. Selain itu prestasi terbaik harus meningkatkan 4-ta (harTA, tahTA, kaTA dan cinTA). Anda juga harus bermanfaat bagi orang lain

Contoh:
Spesifik: Saya adalah Pengusaha restoran terbaik di Jawa Barat
Terukur: Restoran saya setiap satu bertambah satu outlet
Jangka waktunya jelas: 20thn, 30thn atau tercapai pada tahun 2020, 2025 dst
Meningkatkan 4-TA: Saya CEO terbaik di Indonesia, memberi inspirasi 5 juta orang
Memberi manfaat bagi orang lain: Memperkerjakan 20 ribu orang, memperkerjakan

LANGKAH 3
JADILAH SEORANG AHLI

Mengapa harus menjadi seorang ahli?? Karena ketika anda menjadi seorang ahli dalam hal tertentu maka anda akan semakin dicari dan diinginkan oleh pihak lain, dan ada akan diberi imbalan yang mahal untuk jasa keahlian anda. Maka temukan keahlian apa yang ingin anda kembangkan. Anda ingin dikenal sebagai seorang ahli di bidang apa? Keahlian yang anda kembangkan harus sesuai dengan prestasi terbaik yang ingin anda capai. Anda harus benar-benar yakin bahwa keahlian itu sangat dibutuhkan untuk mewujudkan prestasi terbaik yand sudah anda tuliskan.

TRAINING #3 TULIS, KENALI DAN KEMBANGKAN KEAHLIAN KHUSUS ANDA

LANGKAH 4
SEMPURNAKAN HIDUP ANDA SEKARANG

Anda tidak dapat meraih hidup dimasa depan hingga melakukan kegiatan-kegiatan yang berkualitas hari ini. Seperti apa jadinya anda di masa depan adalah hasil dari apa yang anda lakukan hari ini. Bila anda meremehkan hidup anda saat ini kehidupan anda akan menjadi sulit nantinya.
Tahap ini dapat anda lakukan dengan beberapa langkah:
1. Bersahabatlah dengan orang yang mendukung anda
2. Tetapkan komitmen sikap dan perilaku anda: Bersikap dan berperilaku positif, bersikap dan berperilaku produktif, bersikap dan berperilaku kontributif

LANGKAH 5
SEMPURNAKAN LINGKUNGAN ANDA

Ini adalah langkah terakhir dari sebuah proses penyusunan Proposal Hidup, sebuah proposal hidup yang baik, indah, sempurna, ideal akan sangat sulit dapat terealisasi tanpa dukungan pihak lain, yaitu: keluarga dan orang-orang terdekat anda serta yang paling utamanya anda sendiri dan Tuhan. Oleh karena itu, maka dalam proses penyempurnaan dan peraihannya anda harus mengenali dan mengikut langkah-langkah final yaitu:
1. Mulailah dari rumah anda
Perlihatkan, berikan pemahaman serta mintalah dukungan dari keluarga anda. Jadikan mereka sebagai supervisor yang akan mengevaluasi sejauh mana pencapaian proposal hidup anda. Ketika anda mulai melenceng dari arah proposal hidup anda maka keluarga dapat menjadi pengingat agar anda kembali ke jalur rencana hidup anda.
2. Sampaikan proposal hidup anda dalan setiap kesempatan
3. Berdoalah
4. Mensyukuri keberhasilan di setiap tahapan

Posted on Januari 30, 2011, in Psikologi, Renungan. Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. matur suwun mas andri…
    tujuan hidup menjadikan hidup lebih hidup

  2. Hebat banget yg punya blog sama kang Jamil.

    Saya baru baca di tahun 2012… Ya Allah.. kemana aja sy selama ini. hehe

  3. Thanks for sharing. Keren banget !

  4. terima kasih semoga terus bermanfaat untuk yang lainnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: