5 Cm

Dreams Faith Fight

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5 Cm (Dreams.Faith.Fight) begitulah tag line yang saya baca di official web site dari buku ini. Ya benar buku ini mengajarkan tentang impian, keyakinan, dan indahnya perjuangan.

Kali ini saya ingin membahas salah satu buku favorit saya bersampul Hitam Dove dengan gaya yang absurd, simple tapi indah yang ditulis oleh Donny Dhirgantoro.

Perkenalah saya dengan buku ini dimulai ketika saya berada di semester 3 atau 4 kuliah saya di UPI, waktu itu teman saya memberikan buku ini untuk ulang tahun sahabatnya, dia pun menceritakan tentang kedahsyatan buku ini (tapi sayangnya sampai lulus kuliah saya hanya menyimpan keinginan untuk membacanya dan tak pernah membukanya)
walaupun dulu tak pernah membacanya tapi somehow saya tau bahwa ada “sesuatu” dalam buku ini, pertanyaan ini terjawab bertahun-tahun kemudian ketika saya tak sengaja sedang berbelanja buku untuk keperluan kampus dan kemudian tak sengaja pula menyarankan teman untuk membacanya.
Impian,,,, sebuah kata yang sangat familiar tetapi ternyata hanya berhenti di ranah khayalan. Impian,, saya sendiri menyebutnya bahan bakar kehidupan, sesuatu yg passionating dan membuat kita bertahan ketika diri, jiwa, pikiran bahkan tenaga habis terkuras dan kata menyerah adalah sebuah jalan keluar yang nikmat bagi semua kesulitan kita.
Buku ini menceritakan tentang persahabatan 5 orang manusia yaitu Arial, Genta, Riana, Zafran dan Ian. Mereka berteman sejak mereka sma sampai dewasa, karena hubungan mereka yang sangat erat akhirnya mereka menemukan sebuah titik jenuh dalam persahabatan mereka dan untuk menghindari kejenuhan yang kronis, mereka sepakat untuk tidak berkomunikasi selama 3 bulan, waktu yang akan mereka pakai untuk melanjutkan hidup masing-masing tanpa ada sangkut pautnya dengan 4 sahabat lainnya. Selama 3 bulan tersebut Arial mencari cintanya, Genta, Zafran dan Riana berusaha fokus pada pekerjaan mereka, sedangkan Ian melanjutkan kembali skripsinya yang sudah lama tertunda. Pertemuan setelah 3 bulan nanti akan mereka rayakan secara besar-besaran.
Saya tidak membahas ceritanya plot per plot karena memang bukan itu tujuan saya, tapi dari buku ini kita di ajarkan untuk percaya kepada yang namanya impian, tujuan hidup, persahabatan dan perjuangan demi sebuah kesuksesan.. dari buku ini juga kita di ajarkan untuk menapaki hidup dengan sederhana dan menyenangkan, menjalani apa adanya dan menikmati setiap detik waktu kita yang tersisa. Buku ini mengajarkan tentang proses pendewasaan, penemuan jati diri dan karakter serta pengorbanan yang kesemuanya diramu dalam indahnya persahabatan.
Salah satu yang saya suka dari buku ini adalah karena buku ini penuh dengan musik (????) betul sekali penuh dengan musik, hal ini menjadi anchor bagi pengalaman-pengalaman saya terhadap lagu dan musik-musik tersebut sehingga dengan gombalnya merasa ada suatu ikatan (halah…) dan satu lagi yaitu SEMERU
Ya Gunung tertinggi di Pulau Jawa itu menjadi bagian tak terpisahkan dari buku ini, dan pencitraan serta penggambaran eksotisme yang dibaluti dengan keganjilannya membuat cerita makin apik,,, hasilnya adalah Ranu Pane, Ranu Kumbolo dan puncak MAHAMERU menjadi salah satu inspirasi serta obsesiku di tahun-tahun mendatang.
Selamat menikmati petualangan tak terlupakan, selamat bergabung dengan para pejuang hidup dan selamat menikmati salah satu buku terbaik yang pernah anak bangsa ini buat

Posted on Oktober 12, 2010, in Motivasi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

